Hasil Pengujian Sondir Yang Baik

Pengujian Sondir adalah salah satu pengujian tanah yang bertujuan untuk mengetahui letak kedalaman tanah keras sebagai dasar pondasi bangunan. Tanah keras dikategorikan sebagai lapisan tanah yang memiliki daya dukung tanah terbaik di sebuah lokasi. Dengan mengetahui letak kedalaman tanah keras, maka dimensi dan jenis pondasi yang tepat dapat ditentukan. Serta terhindar dari kejadian kegagalan pondasi bangunan akibat daya dukung lapisan tanah letak pondasi berada, tidak mampu menerima beban dari bangunan.

Pengujian sondir biasa disebut dengan CPT (Cone Penetration Test) merupakan modelling dari pondasi tiang dalam skala kecil. Pengujian dilakukan pada beberapa titik di lokasi rencana bangunan akan didirikan. Alat sondir terdiri dari sebuah batang baja silinder dengan bagian ujung (konus) dan bagian selimut, sistem penetrasi, alat bacaan tahanan ujung (konus), tahanan selimut, jumlah hambatan lekat, akibat penetrasi. Secara sederhana, proses pengujian sondir dilakukan dengan cara melakukan proses penetrasi batang utama. Dimana batang baja silinder ditekan masuk (penetrasi) ke dalam tanah dan dicatat bacaan akibat penetrasi untuk setiap rentang kedalaman tertentu (biasanya per 20cm kedalaman). Proses pengujian sondir dinyatakan selesai jika pada bacaan konus menunjukkan nilai minimal 200kg/cm2. Dimana indikasi nilai tahanan ujung (konus) qc pada 200kg/cm2 tersebut menunjukkan bahwa letak kedalaman lapisan tanah keras telah dijumpai.

Pada beberapa kasus, sering ditemukan data hasil pengujian sondir berhenti pada nilai qc dibawah angka 200kg/cm2. Hal ini mengindikasikan bahwa kategori lapisan tanah pada akhir pengujian, belum mencapai lapisan tanah keras. Dan ketika dikonfirmasi kepada penyedia jasa pengujian sondir, disebutkan bahwa paket pengujian sondir hanya hingga kedalaman tanah tertentu. Oleh karena itu, hindari kesepakatan harga dengan ditentukan hanya sampai kedalaman tertentu saja. Sangat disarankan pengujian dilakukan hingga mencapai nilai 200kg/cm2. Bilamana penyedia jasa menggunakan sistem paket hanya sampai kedalaman tertentu, pastikan anda menanyakan di awal terkait biaya kelebihan kedalaman untuk mencapai nilai qc = 200kg/cm2. Karena jika anda tidak meminta pengujian sondir dilakukan hingga mencapai nilai qc tersebut, pengujian akan berhenti pada batas kedalaman yang disebutkan dalam paket biaya pengujian. Dan jika ternyata pada kedalaman tersebut masih belum mencapai lapisan tanah dengan nilai qc = 200kg/cm2, maka data hasil pengujian sondir menjadi sia-sia dan kurang informatif.

Hasil pengujian sondir biasanya berupa tabel dan grafik yang menunjukkan nilai qc, Jumlah Hambatan Pelekat (JHP), fs pada setiap kedalaman, peta lokasi titik-titik sondir, serta dokumentasi yang tercantum dalam bentuk laporan hasil pengujian sondir yang disahkan atau ditandatangani oleh penguji dan penanggung jawab. Adapun pada beberapa laporan tanah, terdapat rekomendasi letak kedalaman dan tipe pondasi yang disarankan. Namun untuk penentuan dimensi dan jenis pondasi yang tepat, sepenuhnya ditentukan oleh perencana struktur dengan mempertimbangkan antara beban pondasi yang bekerja dari bangunan terhadap daya dukung pondasi berdasarkan data hasil pengujian sondir. Akan sangat membantu bilamana selain pengujian sondir yang dilengkapi keterangan kedalaman Muka Air Tanah (M.A.T), disertai pula pengujian laboratorium tanah untuk mendapatkan variabel kohesi tanah, sudut geser, jenis lapisan tanah, berat jenis tanah untuk perencanaan pondasi yang lebih efektif.

Adapun untuk beberapa kasus lokasi dengan jenis tanah berbatu yang tak seragam, uji pengujian sondir tidak dapat dilakukan. Dan cenderung disarankan untuk pengujian dengan Bor Dalam (dengan menggunakan mesin bor), karena alat sondir tidak dapat menembus batuan yang ternyata di bawahnya masih terdapat tanah lunak dan batuan tersebut bukan merupakan lapisan pendukung yang memadai. Kondisi tanah tersebut umumnya didaerah pegunungan dan beberapa lokasi yang ekstrim.

Cistre Indonesia

Share and Follow:
Facebook0
Google+0
http://cistreindonesia.com/2017/01/14/hasil-pengujian-sondir-yang-baik/
Follow by Email
RSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *