Jenis Pondasi Yang Tepat Akan Menyelamatkan Bangunan Anda

Pondasi adalah Struktur Bawah yang kontak langsung dengan tanah, yang berfungsi mengalirkan beban dari bangunan menuju ke tanah. Jenis pondasi dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Pondasi Dangkal

    Pondasi dangkal adalah pondasi dengan rasio perbandingan antara kedalaman dan lebar pondasi adalah kurang atau sama dengan 1 (D/B<=1). Tipe-tipe pondasi dangkal yang umum dikenal adalah pondasi setempat, pondasi batu kali.

  2. Pondasi Dalam

    Pondasi dalam adalah pondasi dengan rasio perbandingan antara kedalaman dan lebar pondasi adalah lebih dari 1 (D/B>1). Tipe-tipe pondasi dalam yang umum dikenal antara lain; Mini Pile, Pondasi Pancang (Driven Pile) baik denan sistem pemancangan hidrolik maupun hammer, Pondasi Bor (Bore Pile) atau Strauss Pile.

Pemilihan dan penentuan dimensi serta jenis pondasi secara umum ditentukan penerapannya berdasarkan pertimbangan faktor-faktor yang menentukan, yaitu:

  • Besar beban yang diterima pondasi
  • Besar daya dukung tanah, jenis tanah, dan nilai-nilai variabel tanah (kohesi tanah, sudut geser, kadar air, dan lain sebagainya)
  • Letak kedalaman tanah keras atau tanah yang memiliki daya dukung paling efektif.
  • Letak kedalaman muka air tanah

Sehingga nilai daya dukung dan variabel tanah akan menentukan jenis pondasi apa yang tepat untuk diterapkan dan seberapa besar dimensi pondasi yang diperlukan. Karena beban pondasi yang diterima oleh tanah disyaratkan tidak melebihi daya dukung dan variabel tanah tersebut.

Adakalanya pengabaian tentang daya dukung tanah seringkali dilakukan karena alasan biaya pengujian tanah (Soil Test) yang dianggap relatif mahal. Sehingga perencanaan pondasi menjadi tidak maksimal dan hanya berdasarkan asumsi. Apalagi diiringi dengan pendapat-pendapat empiris dari orang-orang yang mengandalkan pengalaman penerapan pondasi di tempat lain yang jelas kita pahami bahwa setiap lokasi belum tentu memiliki nilai daya dukung tanah yang sama. Padahal mengetahui nilai daya dukung tanah dan variabel tanah dapat menghindari resiko terjadinya kasus penurunan tanah yang menyebabkan bangunan menjadi miring sebelah, level lantai mengalami penurunan yang mengakibatkan kerusakan, dan lain sebagainya. Tentunya perbaikan terhadap kejadian dan kasus tersebut akan diperlukan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan biaya pengujian tanah yang sebelumnya dianggap relatif mahal.

– Cistre Indonesia –

Share and Follow:
Facebook0
Google+0
http://cistreindonesia.com/2017/01/09/jenis-pondasi-tepat-menyelamatkan-bangunan/
Follow by Email
RSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *