Mengenal Mutu Beton (fc’) Ready Mix

mutu beton
Gambar : Benda Uji Silinder, Benda Uji Kubus, Tes Tekan Beton

Mutu beton adalah nilai dari kekuatan beton untuk menahan beban maupun tegangan tekan sebagai bagian dari sistem struktur. Nilai ini biasanya dikeluarkan dan ditetapkan oleh perencana struktur (bukan arsitek). Nilai ini muncul merupakan hasil dari perencanaan struktur bangunan terkait. Nilai mutu beton yang kurang akan menyebabkan status kegagalan struktur pada bangunan. Maka hal ini menjadi sangat perlu diperhatikan.

Sebagian besar masyarakat awam mengenal tentang mutu beton adalah dengan sebutan K. Misal, K-175, K-200, K-225, K-250, K-275, K-300, K-325, K-350, K-375, dan seterusnya. Nilai kekuatan mutu beton yang dimaksud perencana biasanya dalam variabel fc’ atau f’c. Nilai ini biasanya disebutkan dalam satuan MPa atau sama dengan N/mm2. Bila pendekatan konversi satuan N/mm2 = 10 kg/cm2, maka Mutu beton dengan f’c = 25MPa = 25N/mm2 = 250 kg/cm2. Artinya dalam pengujian uji tekan terhadap sampel benda uji beton, beton mampu menahan tegangan tekan sebesar 250 kg/cm2 (benda uji dalam bentuk silinder dan hasil pengujian benda uji rawatan laboratorium bukan hasil uji rawatan lapangan).

Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah mutu beton yang disebut oleh pihak beton ready mix adalah fck atau nilai fc (kuat tekan) pada benda uji berbentuk kubus. Sedangkan nilai tegangannya (fc) dalam bentuk silinder adalah 85% dari nilai tegangan dalam bentuk kubus. Nilai fc silinder ini masih bukan nilai fc’ yang dimaksud. Karena untuk mendapatkan nilai fc’, nilai-nilai fc dalam bentuk silinder tersebut harus dikurangi dengan standar deviasi beserta nilai koefisen (K) sesuai dengan jumlah data yang ada. (Lihat uji tekan beton pada standar peraturan ACI 318, PBI ’71).

Contoh:

Mutu Beton K-275 memiliki fc = 275 kg/cm2.

maka,

  • Nilai fc = 275 kg/cm2 yang tercantum ini adalah nilai fc masih dalam bentuk kubus (fck). Bukan fc yang dimaksud.
  • Nilai fck ini harus dikonversi ke silinder dengan mengalikan nilai fck tersebut dengan 0.85 (fc silinder = 85% dari fck).
  • Untuk mendapatkan nilai fc’ dari formulir hasil pengujian uji tekan betonmaka data-data yang ada tersebut harus diolah dengan cara statistik:
  1. Hitung nilai fc silinder rata-rata
  2. Hitung nilai standar deviasi
  3. Tentukan koefisien (K) berdasarkan data (lihat tabel pada standar ACI 318)
  4. Hitung nilai fc’ = fc silinder rata-rata – (Kstandar deviasi)

​Benda uji harus dibuat setiap 5 m3 beton yang dicor dan terkumpul minimal 20 benda uji. Benda uji ini harus dibuat di lapangan dan dirawat oleh laboratorium independen (bukan dirawat di lapangan atau oleh pihak beton Ready Mix maupun Batching Plan). Hal ini untuk menghindari adanya manipulasi data pengujian. Benda uji harus menghasilkan data yang sesuai dengan umur beton hingga 28 hari.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengetahui apa yang anda pesan. Karena banyak perusahaan beton ready mix yang tidak menjelaskan di awal mengenai nilai fc yang dimaksud mereka adalah nilai fck bukan fc’. Dan jangan terjebak dengan penerimaan mutu beton pada standar ACI 318 mengenai nilai toleransi 75% nilai fc’ pada penerimaan mutu beton. Karena perusahaan beton akan berusaha mencari celah dengan poin toleransi tersebut. Hal ini tentu akan memperumit masalah klaim anda di kemudian hari.

Bila anda sudah memesan mutu beton dengan menyebutkan nilai fc’ di awal, dan ternyata fc‘ hasil perhitungan data dari uji lab adalah kurang dari fc’ yang ditetapkan perencana struktur, maka tolaklah dan jangan ragu untuk minta penggantian beton yang sesuai. Anda pun harus berhati-hati ketika mereka mengajukan pengujian core drill, hal ini akan memperumit masalah di kemudian hari apalagi core drill dilakukan lewat usia 28 hari. Karena hasil pengujian core drill ini akan mereka jadikan acuan dan kemungkinan adanya data yang disesuaikan. Sebaiknya, tolak dengan segera permintaan pengujian core drill yang dimaksud, bila hasil uji lab 28 hari menunjukkan ketidaksesuaian.

– Cistre Indonesia

Share and Follow:
Facebook0
Google+0
http://cistreindonesia.com/2017/01/05/mengenal-mutu-beton-fc-ready-mix/
Follow by Email
RSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *